Gagal di Malaysia Kubu Indonesia Fokus ke Thailand Open

Selasa, 30 Mei 2023 09:03:05

 

Majalahbulutangkis.com- Para pebulutangkis Indonesia kini fokus untuk meraih prestasi di ajang bulutangkis Thailand Open 2023 setelah sepekan sebelumnya gagal meraih satu pun gelar juara di ajang Malaysia Masters 2023.

Di turnamen BWF Super 500 berhadiah total 420.000 dolar AS pekan lalu itu, kubu Indonesia hanya mampu meloloskan satu wakilnya ke babak final yakni Gregoria Mariska Tunjung di tunggal putri. Namun, pebulutangkis peringkat 9 BWF ini tak kuasa membendung dominasi pemain nomor 1 dunia asal Jepang, Akane Yamaguchi yang memaksanya takluk dua game langsung 17-21, 7-21 di final Minggu (28/5).

“ Saya akui tidak bermain maksimal di final. Bahkan boleh dikatakan permainannya buruk. Saya tidak bisa keluar dari tekanan. Jujur, saya tidak bisa tidur semalam. Mungkin karena saya berpikir ini penting buat saya, kan saya punya target di sini jadi itu buat saya tidak nyaman. Pikiran saya berat sehingga berpengaruh kepada performa di lapangan termasuk secara fisik yang menurun. Saya tidak bisa mengatasi tekanan itu. Final ini sudah saya tunggu dari lama, jadi saya menyesal tidak coba untuk rileks,” ujar Gregoria usai laga.

Lanjut, pebulutangkis binaan PB.Mutiara Cardinal Bandung ini mengakui harusnya bisa menampilkan yang lebih baik dari ini.

“Saya minta maaf kepada pelatih dan semua orang yang sudah menunggu partai final tadi. Ini jadi pembelajaran besar untuk ke depan, kalau ada final-final besar lagi saya sudah tahu harus melakukan apa,” tukas Gregoria yang di semifinal kembali mengalahkan bintang India, Pusarla Venkatta Sindhu 21-14,  21-17.

Sementara gelar tunggal putra dimenangkan Prannoy HS (India) usai menang atas Weng Hong Yang (China) dalam laga tiga game 21-19, 13-21, 21-18.

Kubu Korea Selatan berjaya dengan merebut dua gelar. Pasangan Baek Ha Na/Lee So Hee memenangkan gelar ganda putri setelah mengalahkan andalan tuan rumah Malaysia, Pearly Tan/Thinaah Muralitharan 22-20, 8-21, 21-17.

Sedangkan pasangan Kang Min Hyuk/Seo Seung Jae merebut gelar ganda putra setelah mengungguli pasangan tuan rumah lainnya Man Wei Chong/Kai Wun Tee 21-15, 22-24, 21-19.

Satu gelar lainnya di ganda campuran jadi milik pasangan terbaik Thailand, Dechapol Puavaranukroh/Sapsiree Taerattanachai yang mengandaskan perlawanan pasangan Feng Yan Zhe/Huang Dong Ping (China) 16-21, 21-13, 18-21. (dar)